Tuesday, April 2, 2013

Mt. Merbabu 3.145 Mdpl - Day 2

It's better to travel and get lose then never to travel at all

Hari ke 2 di Gunung Merbabu. Suhu di pagi ini bener bener dingiiiiiiing banget, lebih dingin dari semalem. Rasanya jaket setebel apapun masih ga cukup buat nahan rasa dingin gunung merbabu ini. Pada itinerary awal, dijadwalkan kalo hari ini tuh kita muncak, tapi start jam 5 pagi, tapiiiiiiiiiiiiiii namanya juga shit, bukan shit namanya kalo tepat jadwal. Akhirnya kita bangun jam 7 pagi hahaha, harusnya sih jam 5 udah cao buat summit, tapi apalah dikata, anak anak ini emang anak anak manja yang ga bisa dikasih tau, termasuk gw sih hahahaaaa. Tak apa lah, jam 7 kita sarapan, dan siap-siap summit. Yang penting, kita harus udah turun jangan lewat dari jam 1 siang, takutnya di puncak ada badai, soalnya cuaca nya emang lagi ga enak, hujan mulu. hiks.

Selagi nunggu para shit bere-beres, tak lupa lah kita poti poti dulu, cuaca pagi hari ini bener-bener ga ada kabut, semua jelas keliatan, malah kita bisa ngeliat rumah rumah di bawah, dan yang paling indah nya lagi tuh, kita bisa ngeliat summit gunung Sindoro dan Sumbing.

Me Narsis from Pos 2 Gn. Merbabu

Setelah potipotipun, kita ready to cao. Kita ga sempet sarapan yang berat-berat soalnya waktu udah semakin siang, kalo summit semakin siang, bisa lebih lama lagi nantinya. Ya sudah lah caaooo. . . Rencananya kita mau makan siang sambil ngaliwet gitu di Puncak biar sekalian makan siang. jadi ada yang bawa 1 tas carrier isinya makanan semua, biarkanlah para cowokcowok itu yang bawanya. Aku cukup bawa jaket, handphone, kamera dan earphone siap sambil dengerin lagu sembari menanjak menuju summit.

Trek awal masih landai, 5 - 10 menit kemudian udah mulai nanjak dan terjal, ditambah licin karena sering hujan. Baru setengah jam aku udah lemess, belum sarapan dan kepala pusing, padahal ga bawa carrier jadi bisa lebih enak loncat locatnya hahaha. Tapi untunglah oskadon selalu siap sedia. Setelah minum oskadon pancen oye, kepala udah mendingan, keep going lagi. . .

tetap semangat kakak

Yang pernah ke Gn Merbabu ini cuman 1 orang, yaitu si mang okim. Dia bilang, "itu puncak deket kok bentar lagi" aku sih percaya aja, sampe akhrinya kita sampe di puncak apalah namanya, pokoknya banyak batunya gitu, trus kita bisa ngeliat ke kawah Gn Merbabu yang udah ga aktif, sesampainya disana sih cuaca masih asik, adem, sejuk meskipun matahari belum sepenuhnya keluar.

Disini kita berhenti sejenak sambil nikmatin pemandangan yang amazing banget, meskipun kadang kabut lewat bikin semuanya jadi ga keliatan. Ga banyak orang yang lewat sini, masih bisa keitung orang lain yang mendaki, ada juga yang bikin tenda di tempat itu. Pokoknya tempat ini tuh ada percabangan jalan gitu, yang satu ke puncak pemancar dimana ada tower tinggi yang keliatan, yang lainya ke Pos Halipad. Nah aku pikir tuh ini udah jadi puncaknya, ternyata setelah liat, ada yang lebih tinggi, berarti ini bukan puncaknya. Kita keep going lagi deh, sampe menuju Pos Halipad.

Tandia, Hany, Onde @ Pos Halipad

POS Halipad

Ga lama kemudian kita nyampe di Pos Halipad. Disini, semua udah pada mengeluh "LAPAR . . LAPAR . . . " akhrinya kita bikin makanan dulu deh disini daripada pingsan pas menuju ke Puncak. Kita sampe ke Pos Halipad ini sekitar jam 10-11an, perjalanan dari Pos 2 itu sekitar 3 jam. Lama juga ya -_-!

Ada kejadian lucu disini, ternyata menu makanan yang dibawa itu cuman nasi dan mie rebus doank, akhirnya Tandia memutuskan untuk bikin nasi krip - krip, jadi nasi liwet gitu ditaburin mie yang ditumbuk tanpa dimasak gkgkgkg, karena apa ? karena stok air minum kita menis bray, kita musti irit irit nih air minum, soalnya dari sini ke puncak tuh ga ada mata air lagi, cuman di Pos 2 aja. Hayolooooh kalo keabisan air mimun begimana ??

Makaaaaan

Setelah beres makan dan poti poti, sekitar 1 jam lah kita menghabiskan waktu di sini, kita langsung beres beres menuju puncak. Karena dari pos halipad ini ada puncak yang keliatan, aku pikir sih itu puncaknya, deket lah sampe sana. Semangaaaaat.

Semangat menuju Puncak !!

Setelah dijalanin, setelah sampe ke puncak (yang aku pikir itu puncaknya) ternyata keliatan lagi puncak yang lebih tinggi dan kita harus turun gunung naik gunung lagi buat menuju kesana, jalanannya semakin curam, terjal, berbatu, kalo ga hati hati bisa terpeleset, kiri kanan jurang gitu deh. Tapi pemandanganya bener bener luar biasa gan. . . doh jadi pengen kesana lagi T_T

MENUJU PUNCAK  !!

Ternyataaaa. . . mau sampe puncak Ketheng Songo itu ga mudah, banyak puncak puncak bayangan yang menipu kitu. Ditengah perjalanan, hujan turun, gede bangeeeet, kabut menulai menyelimuti kita, lumayan tegang juga, takutnya ada badai, kita berteduh di bawah flysheet, dan bodohnya aku ga bawa jas ujan. Rasa dingin pun mulai menusuk nusuk . . aaaaaaaaaah mulai deh mikir yang negatif lagi. Dammmmnnnnn. . . Sometimes i wanna go home when i got feeling like this.

Tapi untungnya hujan ga lama turunya, setelah berenti kita langsung maju lagi. Kita tinggalin flysheet sambil menampung air hujan, just in case kalo aja kita kehabisan airminum, kita bisa minum air hujan. T_T

Langitpun kembali cerah.

Semakin menuju puncak, jalanan semakin terjal. Ada jembatan yang katanya angker dan serem, jembatan setan katanya, tapi pas diliat ternyata ga seserem itu hahaha. Kabut masih menyelimuti nih, curiga diatas puncak ga bisa liat apa apa hiks hiks hiks

onde lebay ekspresinya wkwkkw

Jalanan dari Tanjakan Setan itu menuju Puncak Kenthen Songo, bener bener terjal, kita harus manjat kaya spidermen. Kalo salah langkah bisa jatoh. Serem pokoknya, tapi pengorbanan itu akhirnya berakhir juga. Kita sampe di Puncak Kentheng Songo. Daaaan seperti prediksi, diatas puncak, kabut tebel menyelimuti, alhasil kita ga bisa liat apa apa. Harusnya sih, dari puncak ini kita bisa liat Gunung Merapi yang ada disebrangnya loh... duh.

Tapi . . Alhamdulillaaaaah akhirnya sampe puncak Gn Merbabu 3.145 mdpl. I DID IT !!!!!!!!!!! I DID IT !!!!!!!!!!!!!!!
tapi kegejeanpun dimulai. Karena kondisinya full kabut banget ini, jadi rasanya takut aja kalo tiba tiba datang badai. We are on the top on the mountain, ga bisa ngumpet kemanapun kalo ada badai. doh. . . kita sampe puncak ini tuh sekitar jam 1-2an gitu deh, udah sepi, udah ga ada orang, kecuali ada 3 orang monk yang mau sembahyang. Ga ada yang bisa kita lakuin disini, selain poto poto, padahal tadinya ane tuh pengen dipoto kaya diatas awan gitu, kaya orang orang hahahaaaa.

Kita ga lama di puncak, ga lebih dari 15 menit, kita udah turun lagi, soalnya takut. . takut kemaleman sampe Pos 2, takut badai, takut segala galanya. hahahaha naik gunung kok takut. ahahaaa

Perjalanan dari Puncak ke Tenda di Pos 2 sekitar 3 jam, aku dateng lebih dulu sama pukis dan mang okim, biar bisa nyiapin makanan dulu biar pas anak-anak dateng kita udah beres-beres heheh.

Semenjak itu hujan ga berenti, gemercik terus menerus. Suasana di Pos 2 semakin mencekan soalnya pendaki yang lain udah pada pulang.

Malem hari ini sama seperti malam kemarin, susah bikin api ungun, dingin nya juga menusuk nusuk. Malam ini sebenernya malam terakhir kita, besok pagi kita harus udah cao lagi ke bawah.