Wednesday, November 14, 2012

Ranukumbolo Day 1

Holaaaaa. . .
FYI Ranukumbolo adalah tempat pertama kalinya aku berpetualang. Awalnya sih ga suka mendaki gunung, karena fisik ku yang lempeyee, lari 100 meter aja langsung pingsan, mana bisa naik gunung bro. Perjalanan ini berawal dari ajakan temen-temenku yang entah kenapa tiba-tiba ngajakin ke Ranukumbolo. 

Pertama kali mendengar kata "Ke Rakum yuk ah?" 
"What ? What the hell is that ?"
Maklum lah waktu itu film 5cm belum diputer di bioskop, jadi masih aneh dan asing banget kata-kata itu. Temenku bilang "Rakum tuh Ranu Kumbolo, danau asik tempat camping di kaki gunung semeru"
"Wah ?? Semeru ?? Jawa Timur donk ??" katronya aku yg belum pernah ke Jawa Timur -__-! Setelah Googling RANU KUMBOLO. Ternayata tempatnya kaya gini. Siapa sih yang ga ngileeeer. . . . 

Foto Nyomot dari Google

Semangat banget lah diajak kesitu, tanpa mikir panjang langsung hayu hayu aja. Langsung aja tuh temen-temenku pada pesen tiket kereta, kalo ga salah 35rb sekali jalan, pake kereta Ekonomi Pasundan Bandung - Surabaya. BTW, belum pernah juga tuh aku naik kereta ekonomi seharian full -_-!.

Hari H makin deket, temenku Ganjar yang uda pernah kesana ngelist perlengkapan yang musti dibawa apa aja, kalo ga punya ya minjem lah, dan pas aku liat, buseeeeet banyak banget, nama-namanya aneh-aneh pula. Mulai dari Sleeping Bag, Carrier, Jaket, Makanan, Obat-obatan, Sepatu Gunung, Waterbladder, Senter, Trekking Pole dsb. Aku cuman bengong "what the hell is that?" untungnya pacarku yang cakep mau bantuin nyari barang-barang itu, meskipun dia ga ikut soalnya ada acara keluarga. 

Sempet terlintas dalam pikiran. "Ini kok peralatannya udah kaya yang mau mendaki gunung berbulan bulan, emang mau mendaki gunung ya ? katanya cuman di kaki gunung aja ?" Katroknya aku keluar lagi. Tapi perasaan itu, ga bikin aku batalin ikut kok, aku tetep ngikut lah hahaha, whatever it takes. 

Setelah semua perlengkapan terkumpul, Hari H itu dateng juga. . . 
Pas kita bongkar perlengkapan masing-masing, punyaku banyak diprotes temen-temen, mulai dari carrier yang kekecilan, jaket yang tipis, dan sepatu yang kupake malah sepatu buat lari pagi. Ternyata mendaki gunung itu ga boleh ngasal, akhirnya aku dipinjemin carrier yang lebih bagus biar enak dipake dan ga cepet pegel, jaket pun dipinjemin sang pacar, yang emang jaket gunung dan katanya suhunya dingin banget. Ya aku meneketehe, belum pernah camping di gunung, lagian aku pikir cuman di kaki gunung -_-!.

DAY 1 - 14 November 2012

Setelah semua OK, kita berangkat dari Stasiun Kiara Condong jam 6 pagi, dan itu pertama kalinya aku gendong tuh tas carrier yang berat itu, dan itu beraaaaaaaaaat banget bray. Sempet ciut sih, kadang mikir "Gw ngapain sih ikut ikutan segala emang bakalan kuat ?? :( hiks hiks hiks". Yang pergi lumayan banyak, ada 8 orang. Aku, Ganjar, Sasha, Karin, Okim, Tandia, Adri, Ferry.

Rakum Here I Come !!!

Ganjar, Ferry, Tandia, Okim

Perjalanan Bandung -Surabaya memakan waktu 17 Jam. Hampir seharian di dalem kereta. Pake kereta ekonomi pula. What an adventure !! Selama perjalanan kita geje banget deh, tapi asik juga sih, banyak becanda, banyak makan, dll. Aku duduk bareng temen-temen ceweknya, Karin dan Sasha temennya Tandia, baru hari itu kenal, ya kita ngobrol ngobrol aja. Didalam sedikit keraguan dan keputusasaanku, aku nanya ma mereka. "Pernah naik gunung sebelumnya ?". . . mereka  jawab "Belum pernah". Baaaah sama donk, legaaaa nya, ternyata mereka jg belum pernah, jadiku ada temen deh newbienya. Kalo cowoknya sih aku ga peduli, meskipun belum pernah mendaki juga tetep aja fisik mereka pasti lebih kuat. Pikirku waktu itu sih begitu.


Hany, Sasha, Karin

Hari menjelang siang, laper kerasa, waktu itu setelah menggeje di kereta, kita sampe di terminal Tugu Yogyakarta, kereta berhenti lumayan lama, kita makan, beli pecel. Setelah itu ngegeje lagi . . 
Hari menjelang malam, entah udah sampe mana ini kereta, kita berhenti dulu entah dimana pula, coba keluar kereta menghirup udara malamnya Jawa Timur, Ngobrol sama petugas kereta, popotoan dan geje gejean.   

Ngerumpi sejenak sama petugas KA

Udah mau jam 8 malem, ngantuk udah kerasa banget, tapi belum sampe, jadwalnya kita nyampe di Stasiun kereta Gubeng, Surabaya sekitar jam 11 malem. Kita coba tidur dulu, ada yang tidur di Lantai pake sleepingbag, ada yang numpang ke gerbong petugas buat tidur doank, soalnya di gerbong kita sesak ga bisa selonjoran hahaha.

Ga lama kemudian, akhirnya kita sampe juga di stasiun Gubeng, Surabaya. Panas bangeeet bray. Sesampainya di Gubeng, stasiunnya udah sepi banget, ea lah midnight gitu loh, kita bakalan tidur ngegembel di stasiun sambil nunggu subuh tiba. Kita cari spot yang enak buat tiduran, cuacanya panas banget, untung ada mesin ATM jadi kaloo mau ngadem ya tinggal masuk aja ke ATM haha.

Ngegembel at Gubeng, Surabaya

Sekian hari pertama kita menuju Rakum, lanjut di DAY 2 ya bray. . . 



No comments:

Post a Comment