Thursday, August 1, 2013

Singapore Calling - Day 1

Hi. . . 
Perjalanan ini dimulai ketika mood traveling gw kambuh, tiba-tiba temen gw (Ganjar, Okim, Adri) ngasih tau kalo mereka udh booked tiket pesawat buat ke Singapore buat Juli 2013. Well Well Well. . . gw belum pernah ke luar negeri. . ok, tanya deh "tiket promo ? berapa pp ?" they said "Airaisyah Promo 400rb PP, tapi pulangnya dari Kuala Lumpur, jadi kita bisa explore 2 negara sekaligus. . . " OMG OMG OMG. . Oke pengeeeen!!

Setelah cek promo, ternyata harga berubah, naek 200rebu nih tiket pesawatnya. Gpp lah, segitu masih murah gitu brooo. . . ga pikir panjang langsung deh booked! Ayeee. . . 
Menuju bulan juli 2013 masih lama sih, jadi bisa nabung dulu. 

Waktu itu sih gw ga terlalu mikirin itinerary, mau kemana aja, naik apa aja, soalnya cowok gw si pukis yg ganteng itu udh prnah kesana, jadi ngikut dia aja dah, ga perlu ribet. Singapore here i cooooooome. 

Day 1 - 29 Juli 2013
Semua udah syiaaap ya, ga peduli amat gaji gw dipotong gara-gara izin 4 hari buat traveling. Paling, pulang-pulang langsung dibaeudan sekantor gara-gara sirik. Beuh. Skip.

Gw sama pukis udah ready to go, jam 9 pagi langsung cao menuju bandara husen sastranegara di Bandung. Take off jam 10, kita langsung checkin, bayar airport tax, boarding dan sebagainya. Ga sabar nih pengen cepet - cepet menginjakan kaki di Singapore. #Norak

Selama dipesawat ga ada yang menarik begitu begitu aja, ga kerasa juga sih cuman sejam udah langsung nyampe aja. Setiba nya di Changi Airport, gw ini yang termasuk orang kampung rada norak juga ngeliat airport keren begini, jauh banget dibanding sama bandara soekarno hatta apalagi husen sastranegara wkwkwkwk. 

Gw gatau itinerarynya, dari sini kemana naik apanya, gw jadi pengikut aja, yuk mareee. Sesampainya di Changi, kita langsung bergegas #hadeuh menuju imigrasi trus keluar imigrasi langsung menuju MRT, hmmm amaze banget deh kawan kawan, akhirnya naik MRT juga gakakkakak. . . di MRT Changi ini kita beli kartu EZ Link Card sebesar 12 SGD udah ada depositnya sebesar 5 SGD kalo ga salah. Yuk Capcusss. 


Cie naik MRT cieeee. Plis deh gw ga norak norak amet, meskipun berdiri, ngeliat orang disekeliling sumpeh deh cuek aja "mind your own business" kayanya kalo gw guling guling pun ga akan ada yang meratiin. #Mereun.

Tujuan kita adalah berenti di Aljuined, ternyata temen gw ngebooking hostel di daerah Gaylang, yang katanya terkenal sama itunya. #hmm apa ya ? 



Ga lama loh, dari changi airport, udah sampe di Aljuined aja. Kalo ga salah ya ongkosnya sekitar 1.3 SGD lumayan mahal deh. Setelah turun di MRT Aljuined, kita keluar dan helooooo singapore. Sepi enak seger sejuk rapi, ga ada sampah. . hiks hiks, indonesia kapaaan ya kaya gini. 

Dari MRT aljuined ini sebenernya tinggal belok kiri aja, sampe di Hostel SG98 sekitar 30Meteran, tapi karena kita kagak tau jadinya muter muter dulu. hadeuh. Setelah beberapa menit berjalan jalan, nemu penampakan donk. . . 



Durian ini menggoda banget, dengan harga 1 SGD sih lumayan murah, tapi gatau juga ya rasanya. Cuman karena kita belum nemu hostel tujuan kita, jadinya kita pending dlu aja buat makan duren nya, toh kok deket ini kaaaan. . . 

Beberapa menit kemudian lah akhirnya kita nemuin juga Hostel 98SG, tempatnya aneh, cuman ada pintu lorong dengan tulisan SG98, jadinya kita lumayan susah nyari nya, maklum lah tim penyusunan itinerary belum maksimal, padahal waktu itu udah ada street view ya, jadi bisa diprediksi lokasinya dimana. Skip.



Nah, poto ini gw ambil dari Street View, tuh hostelnya yang ada pintu warna coklat, kita masuk situ trus naik atas, hostelnya di lantai 2 sih, ga keliatan hostel makanya agak susah nyarinya, tapi kalo didalem sih lumayan nyaman banget. Cek disini deh 98SG :)

Tapi setelah masuk hostel, penjaganya lumayan oke dan ramah, cewek singapore abis deh, chinese gitulah. Kita langsung nyiapin duit buat bayar hostel, potokopi passport masing masing, trus kita ditunjukin deh kamar buat 2 hari ke depan. Kamarnya lumayan oke, dormitory gitu, dan kayanya ada penghuni 1 orang soalnya banyak barang-barangnya di kasur. 


Sesampainya di hostel, kita langsung istirahat, waktu masih menunjukan sekitar jam 2 kalo ga salah, nah rencananya sih gw sama pukis aja mau menjelajah Singapore tanpa ada itinerary, sore ini rencananya kita mau ke Marina Bay buat popotoan sama patung singa hahahaaa. Di singapore ini kita dimanjain sama transportasi yang super memadai banget, MRT salah satunya, kemanapun kita pake MRT, soalnya MRT di Singapore udah meluas hampir kesegala penjuru kota singapore. 

Setelah istirahat sejenak dengan perut yang kosong (maklum lah waktu itu pas lagi bulan puasaaaa. . . ) tapi meskipun perut kosong, kita tetep semangat buat jalan jalan, kapan lagi coba ???

Gw sama pukis langsung cao menuju MRT Aljuined, ga pake ribet kita langsung menuju Clarke Quay Station. Dari Clarke Quay itu kita jalan kaki menelurusi sungai apa itu namanya, sumpah deh jalan jalan disini tuuh nyaman banget, trotoar yang super bersih dan nyaman, bikin para pejalan kaki betah jalan disini. 


Gw bener-bener menikmati jalan kaki disini, padahal menuju Marina Bay itu jauh loh, malah dengan perut kosong yang lagi puasapun gw tetep happy. Amazing banget, di Indonesia ga akan nemuin pemandangan kaya begini, gw terkesan sama jalanan yang bagus, rapi, bersiiiiiiiiih ga ada sampah, dan attitude orang orang disekitar yang bener-bener disiplin, katanya sih kalo buang sampah sembarangan bisa di denda sampe 500 SGD, lumayan kan tuh, mana CCTV dimana-mana. Hmmmm City of God banget ini, kalo kata orang tuh Singapore adalah Swiss nya Asia, jadi penasaran juga pengen ke Swiss gkgkgkk.





Kota yang bersih kaya gini lah yang bikin gw selalu kangen sama Singapore. . Hiks hiks hiks. Meskipun air sungainya ga jernih jernih banget, tapi liat donk, ga ada sampah sama sekali.... berbading tebalik sama sungai sungai yang ada di kota kota di Jakarta atau Bandung. Dohh... Sedih. Bangunan-bangunanya pun bener-bener unik dan kreatif, bikin kita sebagai pengunjung enak ngeliatnya. 


Di Singapore, kita bakalan ngeliat sedikit banget mobil pribadi, apalagi motor, cuman 1 atau 2 motor aja sih yang aku liat, mobil pribadi pun jarang, kebanyakan sih taxi sama bus, dan merekapun ga akan berhenti sembarangan, jadi ga ada tuh yang namanya macet di singapore. karena hampir 90% warga pake fasilitas transportasi MRT atau Bus yang bener-bener memadai. Ga kaya di kita ya, orang berlomba-lomba beli mobil baru, kemakan ama gengsi, menuh-menuhin kota aja, jadinya macet kan kaya jakarta wkwkwkwkwk. Tapi ga bisa disalahin juga sih, toh pemerintah kita juga belum bisa ngasih fasilitas yang bener-bener memadai. Angkot ? Erghhh bikin emosi mulu, ngetem dimana-mana #hammer. #kok jadi curhat ?? Skip.

Ga lama kemudian kita nyampe juga di Merlion, waktu menunjukan jam 5 sore, tapi masih cerah loh, soalnya waktu di Singapore sama di Indoensia beda. Singapore lebih cepet 1 jam, sama kaya waktu di Bali. Jadi Jam 5 disini masih terang menderang, matahari pun masih menyinari #halahh.

Sesampainya di Merlion, ebuseeeet dah, banyak orang banget, dah kaya orang mau demo aja. Kebanyakan juga wisatawan asal Indonesia, chinese chinese yang pake bahasa sunda pun ada, hadeuhhh. 


Hahahaha males banget kan ???? Mau popotoan juga kebanyakan orang -_-! Akhirnya cuman bisa berpoto dari kejauhan aja hahahaaaa. 

OHhhhhhhhhhhhhhhhh begini toh Singapore ????????????? wkwkwk


Setelah keliling keliling di Merlion dan Jalan dari Clarke Quay, Cape pun kerasa juga, haus dan lapaaaar. Menunggu Magrib hampir se-jam lagi. Dari Merlion gw sama pukis jalan lagi menuju ke stasiun MRT City Hall, tapi kita jalan jalan dulu di Esplanade, buat nunggu buka puasa. Kita buka puasa cuman pake minum doank, soalnya emang haus aja yang kerasa. Ditambah sama kaki yang udah sakit banget gkgkgk. 

Dari Stasiun MRT City Hall, kita kolingan sama temen-temen yang lain, Okim, Adri dan Ganjar biar ketemuan di daerah Bugis Street / Victoria Street. Kata pukis disitu ada mesjid gede, dan semoga aja kita bisa nemuin makanan halal disana. 

Gw sama pukis berenti di stasiun Bugis dan jalan kaki menuju Mesjid apa itu namanya, pokoknya daerah situ, masih belum ketemu juga sih sama temen-temen yang lain, akhirnya kita nyari makan duluan, di sekitaran mesjid ternyata lagi ada semacam kuliner gitu, kebanyakan masakan india sih, malah banyak yang bisa ngomong indonesia atau melayu. Akhirnya gw sama pukis tertarik sama Nasi Briyani..........


Gw beli Nasi Briyani ini karena keliatannya enak dan banyaaak. Tapi guys, rasanya itu looh.... Hueeeek, ga enaaaaaaaaak. Nasinya banyak dan panjang panjang gitu, trus ayamnya juga gede banget, tapi rasanyaaaa........ Ampun deh. 

Tapi lumayan bikin kenyang sih. Akhirnya ketemu sama temen-temen yang lainya. Ngobrol haha hihi haha hihi. Setelah lelah jalan seharian ini, kita pulang yuk. . . Pengen bobok.
Dari Bugis ini, kita langsung naik MRT menuju ke stasiun Aljuined, kebetulan tanpa ada interchange soalnya sejalur East West Line. 

Sesampainya di hostel, ternyata penghuni sekamar kita tuh cewek, kita ngobrol ngobrol deh jadinya, namanya Sarah, dan ternyata dia tinggal disitu loh,  bukan sekedar wisatawan, tapi dia emang kerja di Singapore jadi guru bahasa inggris gitu hahaha. . 

Bersambung ke cerita Singapore Calling - Day 2

No comments:

Post a Comment