Monday, April 1, 2013

Mt. Merbabu 3.145 Mdpl - Day 1

Back Again !!!
Welcome to hanymustika.blogspot.com
On this site, I would be like share so many experience on my adventure from so many places like mountain, sea, city and many. And in this paper, I would like to share my experience to Mount Merbabu.

Gn. Merbabu 3.145 Mdpl...... Yaaa. . iniilah Gunung yang bakalan kita taklukan kali ini. Yipiii

Carita ini bakalan sangat berbeda dari cerita pertama kali mendaki gunung ke Ranu Kumbolo
30 Maret 2013 cerita berawal dari ketagihannya para Shit Mountaineer semenjak pulang dari Ranu Kumbolo, November 2012 lalu. Para pelancong itu akhirnya bikin grup tuh, namanya Shit Moutaineer, karena apa ? karena .... entah lah, mungkin kata shit itu mengungkapkan banyak hal, banyak arti. Semua anggotanya, shit banget. Susah kalo diceritain satu-satu hahaha.

Para Shit (panggilan buat kita) bikin itenerary baru buat ke Semeru, karena kita semua masih penasaran belum sampe puncak waktu itu, akhirnya kita bikin jadwal lagi menuju Mahameru. Dapet lah tanggal 30 April 2013. Tiket kereta sudah dipesan, sekarang kita  tujuannya ke Kediri, entah kenapa pkoknya lewat Kediri (kalo ga salah haha). Tapi guys. . . . kabarburuk pun menghampiri, sekitar 1 bulan sebelum keberangkatan, TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) tiba-tiba menginformasikan kalo Gunung Semeru masih ditutup sampai waktu yang tidak dapat diprediksikan, dikarenakan cuaca extreem, banyak pohon tumbang dll. Alhasil kita Down !! T___T

Sampai sekarang Puncak Mahameru masih mimpi :(

Tapi, cerita ga berakhir begitu aja donk, Para shit yang smarts smarts itu, bikin plan B. Kita tetep berangkat, cuman ya tujuanya berubah, jadinya ke Gunung Merbabu, voting 80% para shit oke. Ada sebagian orang yang tadinya mau ikut ke semeru tapi ga jadi ikut cuman karena pindah gunung. -_-!

Itinerary pun disusun, perlengkapan semakin mantap dipersiapkan, riset-riset tentang pendakian juga ga dilupakan. Jangan sampai kejadian dan kekonyolan waktu ke Rakum terulang lagi. Saat ini gw udah semakin pintar dan tahu bagaimana caranya mendaki gunung yang bener-bener mengutamakan keselematan.

Saking Shitnya, kita-kita pada hunting gear yang bagus, arguing tentang sleeping bag, tas carrier yang oke, sampe aku sekarang ngerti apa itu jacket waterproof, windproof, windbreaker, sampe nama bahan-bahanya pun tau mulai dari Goretex, Hyvent, dan review-review branded-branded oke kaya TNF, Montbell, Columbia dll. Shit abis kan -_-!

Aku pikir, hobi mendaki gunung ini bakalan lama, gakan membosankan, yang pasti kita selalu menunggu moment buat mendaki lagi. Maka dari itu guys, aku rela berkorban merogoh kocek yang besar buat bisa punya gear sendiri, aku mulai nabung buat beli tas carrier, sepatu gunung, jacket, sampe sleeping bag pun ga mau yang abal-abal, trauma kedinginan di gunung Merbabu ini soalnya.

Skip.

Hari pertama, kita mulai ngumpul di Rumah Onde, deket Stasiun Kircon Bandung. Kebetulan kereta kita, kereta malam, berangkat sekitar jam setengah delapan malem.

at Kircon nunggu Kereta Malam.

Penampilan gw udah oke kan ? udah kaya Media Kamil aja kan hahaha. Tapi masih ada rasa sedikit takut juga sih, soalnya aku gatau Gn Merbabu itu setinggi apa, seterjal apa treknya, malah kata temenku Ranu Kumbolo kemarin mah ga ada apa-apanya di banding Gn. Merbabu ini. Tapi. . . lets go aja laaaaah. . . .

Kereta kali ini untungnya ber-AC, jadi gausah panas-panasan kaya waktu ke Rakum dulu. Selama perjalanan ya tidur lah ngapain lagi, malem gituloh. Menurut jadwal, kita sampe di Stasiun Lempuyangan, Yogyakarta sekitar jam 7 pagi.

-___-! tatan

ini entah gembel darimana -_-! imam

Selama perjalanan didalem kereta, ga ada kegiatan yang kita lakuin, setelah makan malam, mie rebus di gerbong tempat makan, kita langsung back to kursi trus nyari spot yang enak buat tidur. Untungnya kereta ga terlalu penuh, jadi kita bisa cari kursi kosong biar bisa telentang tidurnya. Tapi apalah dikata, seenak apapun posisi tidurnya, ya aku ga bisa tidur kakak :(

Skip.

31 Maret 2013
Tepat jam 7 pagi, kereta kita udah sampe di Lempuyangan, Yogyakarta. Kita beres-beres dulu di stasiun mulai dari cuci muka, sikat gigi, mandi bahkan, dan sarapan pagi sambil nyari angkutan yang bisa nganter kita ke Magelang.

Imam, Ganjar, Butonk, Onde, entahsiapa

Perbekalan

Setelah sarapan dan segala macem, kita langsung nanya-nanya ke warga sekitar, kira-kira ada tumpangan yang bisa nganter kita ke Magelang. Akhirnya kita dikasih info sama si bapak tukang sarapan. Katanya ada temenya yang bisa bawa kita ke Magelang, setelah nego dan OK kita langsung berangkat. Angkutanya ada 2 mobil semacam mobil carry butut gitu lah, pokoknya menghawatirkan.

Selagi nego pertama, supir udah oke mau nganter kita ke Magelang, tapi ternyata tujuan kita tuh terlalu jauh, dan belum juga sampe ke Gerbang pendakian, si supir marah-marah karena kejauhan, udah ampir 2 jam belum sampe-sampe. Ditambah, mobilnya yang reyot itu ga kuat diajak nanjak, soalnya semakin deket gunung, jalannya semakin nanjak gitu deh.

Akhirnya, kita diberentiin ditengah jalan, entah apa nama daerahnya, yang jelas tujuan kita ke daerah Kopeng, Salatiga, buat menuju ke Pintu Masuk Pendakian, Jalur Wekas.

Sebenernya ada beberapa jalur buat ke Gn Merbabu, salah satunya jalur Selo, jalur Selo itu anak kaki Gunung Merapi, tapi katanya pendakian lebih lama, jadi kita ambil jalur Wekas aja. Maklum lah masih semi Newbie. Skip.

Kita terlantar ditengah jalan, sekeliling kita kaya kebun gitu, jadi jarang ada mobil lewat, sekalinya ada bis kecil lewat, tapi penuh terus, kita gakan bisa kalo naek bis, soalnya barang bawaan kita juga gede-gede gitu. Tapi akhirnya ga lama kemudian, kita dapet supir kolbak gitu, dia udah mau nganterin ke gerbang pendakian wekas, kita udah hepi dan kaya embe aja naik ke dalem kolbak semua.

Yeaaaay siap menuju gerbang pendakian wekas.....

Udah keren gini kan, udah PW banget lah, eeeeehhhh tiba-tiba baru aja ngegas dikit, langsung berenti mobilnya. Si supirnya keluar mobil, trus pergi pake ojek, awalnya bingung, dia mau kemana sih kok kita ditinggal begini.... ternyata eh ternyata, bensinya abis -_-! aduh si bapaaaak, udah mau ngankut ternak gini mana pake bensinnya abis, karena geje, pedempet begini, akhirnya kita pada turun lagi donk sambil nungguin si bapak.

Bhahahhaa tarurun deui oooi. . .

Tapi dia balik lagi bawa sebotol bensin. Langsung disi dehhh. . .Siap berangkat lagi kita.

Semangat Pak !!

Akhirnya berangkat juga deh. Selama setengah jam kita naik kolbak ini, sampe ke Gerbang Pendakian Wekas, trus kita diberentiin disini donk, dan ternyata dari Gerbang Wekas ke Posko Pendakian itu masih jauuuuh dan kita musti nanjak lagi, karena ga sanggup, akhirnya kita numpang lagi satu kolbak, yang kondisinya lebih menghawatirkan, kayanya biasa dipake buat ngangkut domba deh, soalnya banyak rumput dikolbaknya. Kita malah ga bisa duduk, kita berdiri semua, sambil nikmatin sejuknya udara pegunungan, dah kaya embe aja.

Bediri diatas mobil angkutan embe

Menuju ke Posko Pendakian.

Jalananya nanjak terus donk, kebayang aja kalo kita jalan kaki dari bawah, udah pingsan duluan nih sebelum mendaki gunungnya. Tapi untungnya sih jalananya bagus lah, ga rusak.

Ga lama kemudian kita sampe juga di Posko Pendakian. Sekitar jam 11an kita sampe. Rencana mendaki setelah solat duhur, kita makan dulu, istirahat dulu dan ngumpulin stamina buat mendaki.

Map Gn. Merbabu

Akhirnya sampe di Posko Pendakian.
Udah keliatan banyak pendaki disini, ada yang baru turun, keliatan banget dari mukanya yang madesu cape, leuleus, lesu gitu deh. Ada juga yang masih semangat-semangatnya seperti kita. Di Posko ini kondisinya kaya kampung kecil gitu, ada rumah yang dijadiin tempat ngumpul dan registrasi para pendaki, banyak pula ranger-ranger yang siap siaga disana, ada juga tukang bakwan. Lapar, makan bakwan dulu. Setelah semuanya siap, udah solat, udah ready ready. Kita tidak lupa berdoa dulu, semoga perjalanan pendakian kali ini lancar, semuanya selamat sampe tujuan.

Berdoa Mulai !

Treking awal, kita masih berjalan di sekitar kebun warga, satu menit pertama aja, tanjakannya udah curam banget, 5 menit pertama nafas udah ga karuan, keringat udah bercucuran, ga ada tuh yang namanya jalanan landai, semuanya nanjaaaaak. Kita ngelewatin kuburan, dan rumah kosong yang lumayan angker. Keep Going. !
Keep Going

Setengah jam pertama, hujan gerimis mulai turun, cuaca mulai berkabut, terkadang kita berhenti dulu sejenak buat istirahat. Pendakian sepi banget, beda banget sama waktu ke Rakum, sepanjang jalan pasti banyak orang lewat mau itu naik mau turun, kalo sekarang sepi banget, hanya satu dua orang yang turun, yang naik hampir ga ada sama sekali. Angker juga sih.

Kabut menyelimuti

Waktu semakin berjalan, semakin sore, semakin berkabut dan semakin gelap dan semakin mencekam, banyak terdengar suara binatang dari kejauhan, kadang ga jarang juga banyak monyet monyet berseliweran diatas pohon.

Tujuan awal kita adalah ngecamp di POS 2, meskipun Pos 2 ini masih setengahnya menuju Puncak, tapi cuman di pos 2 ini yang ada sumber air. Start awal tadi sekitar jam 1 siang, waktu berjalan, jam 2, jam 3 pun terlewati, tapi pos 2 masih belum keliatan. Semakin atas, jalan setapak semakin kecil, semakin licin, bahkan kadang kita harus manjat akar akar pohon saking curamnya trekking. Untungnya sih, sepatu ku udah sepatu gunung, bukan sepatu lari pagi lagi, jadi ga ada istilah serodotan di tanah karena licinnya.

Sekitar jam 5 sore, kita baru sampe di Pos 2. Thank God !! I made it ! setidaknya kita bisa istirahat dulu disini sampe besok pagi.

Sesampainya di pos 2 Gn. Merbabu via Wekas.

TEPAR

Sesampainya di POS 2 ini, kita ga langsung bergerak, soalnya capenya itu banget banget bangeeeeeeet, tapi ga lama setelah itu kita langsung bergerak. Ada yang mendirikan tenda, ada yang masak, ada yang bikin perapian karena disana suhunya dingin bangeeeet, kayanya kurang dari 10derajat deh. Tapi satu hal yang bikin kita happy yaitu, pemandangaaaannya itu loh broh. . . Ah begitulah, susah diungkapkan dengan kata kata. hahaha.

Karena kita trauma dengan kejadian kekurangan tenda di Rakum waktu itu, akhirnya kita bawa tenda banyak banget, malah ada satu tenda yang ga ada penghuninnya. Tenda yang ga kepake, diisi sama tas carrier kita. Suasana di Pos 2 ini sepi sepi gimana gitu gan. Ga banyak pendaki yang ngecamp disini, cuman ada 2 atau 3 tenda lainya disana. Sepi banget pokoknya.

Hari mulai gelap, setelah beres makan, beres-beres, bersih-bersih badan pake tisu basah, kita mulai nyalain api ungun, lumayan kesulitan juga nyalainya, soalnya kayunya pada basah, sementara kita kedinginan banget, aku pake jaket double pun masih kedinginan donk. Ya maklum juga sih, jaketnya bukan jaket gunung ahahah shit abis, sepulang dari merbabu langsung hunting jacket gunung.

Dingin Bray

Semakin malam, suhu udara semakin dingin, aku mulai kedinginan banget banget banget. Udah pake kaos kaki double, kerudung dan penutup kepala, jaket doubel, sarung tangan tebel, masih tetep rasanya dingin. Ditambah api ungun yang tak kunjung nyala T_T. Suasana sekitar tenda gelap gulita, sepi banget pokoknya, yang kedengeran cuman suara suara binatang, entah itu burung atau anjing malam. Yang aku kwatirkan itu adalah gimana kalo ada macan >.<.

Semangat Ganjar !! build the fire !!!

Kegiatan malam ini adalah ngerumpi sambil minum teh anget, kopi anget, nyemil, ngegosip, haha hihi, cuman tugas ketua Ganjar sepertinya belum beres, yaitu nyalain api hahaha, kita coba bantu bareng-bareng dah.

Pukis turun tangan, bantuin kakak Ganjar buat bikin api. Tapi sepertinya susah T_T. We were give up ! We better get back to our tent and sleep. Padahal masih jam 8an sih, hujan gerimis pula, ya pantas saja api ga bisa nyala. Enough!! Sleep nyok.

Aku ga kuat sama dinginnya, makanya aku masuk tenda duluan. Di dalem tenda aku udah masuk ke sleeping bag, masuk pake jaket tebel, mulai kerasa sesak nafas, mungkin karena ga ada udara masuk kali ya. Doh! kalo jaketnya dibuka ya kedinginan, kalo ga dibuka ya sesak nafas. Sulit permisa.

Ga lama kemudian sekitar jam 11, para shit langsung masuk tenda masing-masing, saatnya tidur. Tapi masih kedenger juga suara imam yang bawel ga bisa berenti ngomong, masih pada ketawa ketiwi di tenda masing-masing. Tapi setelah mereka pada berenti bersua, rasa takut pun mulai menyerang.

Di dalem tendaku, aku tidur disisi sebelah kiri. Setelah suara para shit udah menghilang, tidur. Aku semakin jelas mendengar suara suara aneh dari kejauhan, ada burung gagak, bahkan ada juga suara orang jalan disamping tenda, aku masih berpositif thinking, mungkin itu anjing atau babi hutan, atau macan. Whaaaat ? Gimana kalo macan ? T_T Keep Calm Hany, everything is gonna be okay.

Aku masih belum bisa tidur, sementara 2 sister disampingku udah pada tidur. Aku mulai mikir yang macem macem, mulai teringat sama berita-berita di tv yang sebelumnya aku liat, yaitu tentang para pendaki yang mati konyol karena kedinginan, tersesat, kekurangan makanan dll. Nah pikiran itulah yang bikin aku makin kacau dan makin sesak nafas. Rasa takut dan sugesti itu yang bikin aku semakin ngerasain dinginnya tubuh yang nusuk ke dalem tulang, jantung bahkan aku susah buat nafas.  Help !!!

Aku ga kuat dan takut, akhirnya aku bilang ke sister2 disampingku. "Udah pada tidur ? dingin banget ga sih ? aku kedinginan ini"
Mereka langsung pada bangun, trus ngasih aku air anget yang ada di termos. Better, tapi kakiku kayanya udah membeku nih. Aku manggil pukis deh.

"Pukis ???? Dah tidur belum ???"
"Kenapa ?"
"Tukeran sleeping bag donk"

Mereka pada bangun semua akhirnya, soalnya kakak sasha bilang kalo aku kedinginan.
Tandia, selaku seksi medication, langsung bangun juga, dan ngasih aku pertolongan pertama, lebay sih tapi dari situlah aku ngerasain kalo temen-temenku care semua. Ganjar ngasih aku penutup kepala yang lebih hanget, Pukis ngasihin sleeping bagnya yang lebih hanget, Tatan ngasihin aku jahe hangat, everybody is soooo kind to me soalnya mereka takut juga kalo aku hipotermia. >.<

Coba tidur lagi. . .
Buat ngebuang rasa takut dan pikiran-pikiran yang negatif, aku coba dengerin lagu lewat ipod, lumayan membantu dan berdoa, semoga aku bisa tidur dan pagi bangun lagi.

Hari pertama ini, sesuatu banget. Bersambung ke hari ke dua ya

1. Replies
    1. haha,, udah tuh,, sipp,, nyoba lewat selo mb,, bagus,,

2. hehe iya pengeen banget lewat Selo, tapi kesempatannya blm ada hiks hiks hiks....