Thursday, November 15, 2012

Ranukumbolo Day 2

DAY 2 - 15 November 2012

Melanjutkan cerita gw dari Ranu Kumbolo Day 1, dari Stasiun Gubeng ini, kita mandi, nyari makan, dan beres-beres. Demm. . baru sehari aja ini baju udah  kotor keringetan, Ranu Kumbolo masih jauh bray :(. Ini pengalaman gakan terlupakan banget, kapan lagi coba tidur di lantai stasiun Gubeng, Surabaya, jauh dari rumah, orang-orangnya asing, bahasanya aneh, cuacanya panas banget. Sedih, tapi asik sih. I'll never forget that. Tidurpun ga nyenyak lah, takut ada yang rampok, beralaskan lantai dan gerah juga bikin ga bisa tidur. Tapi akhirnya subuh pun tiba. Setelah cuci muka, wudhu dan solat, kita langsung melanjutkan perjalanan menuju Malang.

Lets go to Malang !

Itinerary kita, rencananya kita menuju malang itu naik kereta, dan ternyata eh ternyata setelah kita ngantri di loket tiket menuju Malang, teranyata tiketnya abis, kita langsung ambil plan B, ke Malang pake BIS, tapi kita ya harus ke terminal bis surabaya dulu. Akhirnya kita langsung bergegas ke luar Stasiun Gubeng, kita cari informasi ke orang sekitar, kira-kira kita naik apa ke Terminal Bis Surabaya. Setelah negosiasi, ternyata ada semacam mobil carry gitu, yang bisa anter kita ke Terminal Bus. Kita pake 2 mobil soalnya barang-barang kita juga banyak, jadi gakan muat kalo 1 mobil doank. Kita langsung cao deh. Dari Stasiun Gubeng ke Terminal Bus lumayan lama, sekitar 30-45menitan lah.

Sekitar jam 7 pagi kita udah sampe di Terminal Bus Surabaya, entah apa namanya lupa lagi. Trus kita langsung aja naik Bus yang menuju ke Arjosari Malang. Bus nya lumayan enak ada AC nya, kita bisa tidur lelap deh. Perjalanan dari Surabaya - Malang memakan waktu sekitar 3 Jam, ga lama kemudian kita udah sampe lagi di Terminal Arjosari, Malang. Ga kerasa ya, tidur enak di bus ber-AC, nikmatnya setelah semaleman ga bisa tidur di lantai. hahaha.

Setelah sampe di Terminal Arjosari, Malang. Kita langsung menuju ke tukang Angkot, dari Arjosari kita masih harus menuju ke Terminal Tumpang naik Angkot, perjalanan sekitar 1 jam dari Arjosari ke Tumpang. Sekitar jam 10an kita sampe deh di Terminal Tumpang, disini ada pasar gitu, dan mulai keliatan deh banyak pendaki yang bawa-bawa tas carrier dipunggungnya. Heummm, kita emang mau mendaki gunung ini mah T_T masih ga pede bakalan kuat dalem ati. Di terminal Tumpang ini kita makan dulu, dan siapin perlengkapan dokumen, soalnya kita harus mendaftar dulu ke TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Setelah sarapan dan beresin semua dokumen, kita langsung carter mobil Jeep. Woaaaw mulai menantang nih, adventure dimulai hahaha.

Menuju Ranupane pake Jeep yeaaaa . .

Setelah negosiasi dengan supir jeepnya, kita akhirnya cao juga nih, kalo ga salah 40rb seorang deh. Tapi setelah kita naik dan berangkat, eh kita harus musti nunggu dulu di sekertariat TNBTS buat registrasi. Awalnya sih ada rumor katanya pendakian ditutup, tapi kita tetep cao aja, masa udah dateng jauh-jauh ga jadi mendaki, tapi akhirnya bisa juga kita dapat izin.

Karin narsis selagi nunggu registrasi.

Nunggu sekitar 15 menit lumayan bosan, tapi akhirnya kita cao juga. Tujuan kita sekarang adalah kampung Ranupane, dimana itu tempat/posko pertama kali kita mendaki. Wih ga sabar deh, katanya selama perjalanan dari Tumpang ke Ranupane itu, kita bakalan disuguhkan sama pemandangan yang luar biasa, kita bisa liat Gunung Bromo loh. Penasaran juga kaya apa Gunung Bromo yang katanya bagus itu.
Perjalanan dari Tumpang ke Ranupane memakan waktu sekitar 2 jam loh, kita naik turun gunung gitu, sumpah deh keren abis, kita berjalan dilembah yang dipinggirnya itu jurang semua, tapi subhanallah deh itu pemandangannya luar biasaaaa. . . sayang ga banyak motret disini, soalnya di dalem mobil jalannya garinjul jadi ga bisa diem hadeuh.

Gn. Bromo dari dalem mobil

Setelah menikmati perjalanan yang lumayan extreme itu, kita akhirnya sampe juga di Ranupane. Kesan pertama nyampe sini adalah . . BUSEEEET banyak banget pendaki nih. Udah kaya mau karnaval aja, banyak pendaki nya, ternyata eh ternyata waktu itu kebetulan ada pendakian masal dari Avtech. Shit abis lah itu masa ada mendaki gunung pake sendal hotel. WTF -__-!

I dont care lah, yang jelas, suasana hati di Ranupane ini mulai ga enak, karena apa ? karena ini titik pendakian dimulai, aku selalu meyakinkan ke temenku "Jauh ga ? Nanjak ga ?" Mental udah kena banget nih, putus asa, tapi apa boleh buat, masa mau nyerah gitu aja :(

Sesampainya di Ranupane, kita beres-beres dulu, cucimuka, sarapan dan lain lain. Sekitar jam 12 kita sampe, sejam beres beres dan pendakian dimulai sekitar jam 1. Temenku berusaha meyakinkan, "Jalannya landai kok ga terlalu menanjak, ga terlalu jauh kok" . . oke deh, siap yuk berangkat.

Berangkaaaaaaaaaaat. . just fuck it ! God bless me T_T. . . semoga ga pingsan dijalan, kasian temen-temen pasti nyusahin kalo aku pingsan. Be Brave Honey !!!!

Eh eh eh baru aja 10 langkah, ada insiden kecil, temenku Tandia, tiba-tiba mimisan, duh, mulai gaenak hati nih, mana langit kok mendung ya. . . kita berenti dulu, redain dulu mimisannya T
atan, soalnya bisa bahaya kalo didieumin kan.

Tatan mimisan :(

Semangat Taan. . You can do it !!! Ga lama kemudian kita berangkat juga, Tatan pasti kuat. Amin Insyallah.
Awal perjalanan masih dimulai menelusuri Jalanan besar berbatu gitu, jadi masih bisa dilalui mobil, tapi setelah ada plang "Selamat Datang Pendakian Gunung Semeru" nah dari situ kita mulai naik dikit dikit, dengan jalan setapak. 10 Menit tanjakan pertama, aku udah ga bisa nafas donk, cape, lelah, lemes, udah ga kuat rasanya, ini baru 10 menit pertama, aku udah putus asa gini, mana temen-temen cewekku yang lain udah pada duluan, mentalku udah down, fisik udah lemes banget. Dalam hatiku "Ya Tuhan, , what the hell am i doing here ???? Ngapain sih gw ikut ikutan naik gunung, sekarang udah mau pingsan gini pengen balik rasaaanya :( menyesal menyesal menyesal" . . itu feeling 10 menit pendakian pertamaku.

Aku coba liat temenku yang lain, aku mulai mikir, kalo aku menyerah, putus asa dan gamau lanjutin, pasti mereka juga gakan ikut lanjut. Aku udah disini, mau pulang juga rasanya terlalu jauh "too far to comeback" aku berusaha ngeyakinin diri aja, "YOU CAN DO IT HAN!!!!" Semangaaaat, secara perlahan jalanin aja, jalan dikit dikit, keep going keep going, temenku Tatan, selalu ada dibelakang, nemenin aku yang paling lemot ini . . . Karena mendaki gunung itu bukan masalah siapa yang paling cepat sampai puncak, tapi siapa yang paling solid nemenin kita disaat kelelahan T_T.

Eh tiba tiba hujan turun donk, aku sama Tatan yang posisinya paling belakang, berenti dulu, ambil jas ujan langsung dipake, karena kita ga boleh sampe kebaasahan, bisa kedinginan. Aku masih belum tau apa itu hipotermia waktu itu. Setelah pake jas ujan, maju lagi. Keep Going and Keep Going.

Disaat ku kelelahan, akhirnya sampe juga di Pos 1. Aku tanya temenku Ganjar yang udah pernah kesini "Ada berapa Pos sampe Rakum?". . "Ada 4" ohhh bentar lah yaaa. Pikirku.

Keep Happy While You're Dying @ Pos 1

Sesampainya di POS 1 kita istirahat dulu sejenak, sambil nungguin temen yang lain, ternyata ada temen kita yang masih dibelakang. Selama menunggu banyak banget pendaki yang lewat, mulai dari bapak-bapak, ibu ibu, anak muda, malah anak kecil pun ada donk. Aku makin semangat deh masa anak kecil aja kuat, aku loyo sih. Entah jam berapa kita nyampe di pos 1, ga lama istirahat kita langsung lanjut lagi menuju pos 2.

Aku pikir, perjalanan dari pos 1 ke pos 2 akan sama kaya dari Ranupane ke Pos 1, ternyata lebih jauh donk brow, kita ngelewatin yang namanya Watu Rajeng.

Peta Ranupani - Ranukumbolo

Dari Ranupani - Ranukumbolo itu totalnya hampir 11Km. Pos 2 itu berada di Watu Rejeng (Kalo Ga salah). Masih jauh ke Ranukumbolo. Tapi setelah dijalanin, jalannya ga telalu nanjak, landai ada naik ada turuunya kok. Kalo dipikir-pikir sampe sekarang aku udah pernah ke Merbabu, Gunung Gede, itu lebih parah lagi mendaki nya ga ada landai-landainya. Cocok lah buat newbie mendaki ke Ranupane. Tapi jangan dulu ke Puncak ya, sampe sekarang juga aku belum ada kesempatan mendaki sampe Puncak. Skip.

Peta menuju Ranu Kumbolo nyomot dari Google

Semangaaaat. . .

Tanpa terasa, Pos 2 pun sampe juga. Pos 3 pun sudah mau sampe. Kita lumayan berhenti lama di POS 3 soalnya ada temen kita yang belum sampe, fiewww ternyata meskipun aku lemot, ada yang lebih lemot dari aku hahahaha mulai PD deh, kuat juga sampe sini, untung ga pingsan. Di pos 3 ini, pos nya ancur, kayanya kena longsor, jadi ga bisa didieumin.

at Pos 3
Di Pos 3 itu sekitar jam 4an, gila lama banget ya dari Jam 1, baru sampe Pos 3. Emang kita jalannya nyantei juga sih, banyak berentinya pula, maklum lah ya sebagian besar emang masih pada Newbie. Setelah langit udah mulai gelap, kabut makin tebal, kita coba jalan lagi. Dari pos 3 ini ada tanjakan yang emang curam banget, tapi kata temenku sih bentaran doank, abis lewatin tanjakan itu, sebentar kita langsung sampe di Pos 4, dan sampe deeeeh.
Semangat !! tanjakanya emang curam banget, ga terlalu lama sih, langsung landai lagi, cuman aneh banget kok dari sehabis tanjakan itu kita ga sampe sampe, temenku bilang katanya cuman bentar langsung sampe pos 4 tapi kok lama ya. . . Langit mulai gelap, aku bawa senter, dan hujan makin gede, suasana makin mencekam donk, aku cuman tunduk aja sambil ngeliatin sepatuku yang licin ini, berdoa semoga ga kepeleset, hawanya udah mulai dingin menusuk nusuk, rasanya udah pengen selimutan di dalem tenda deh ini.

Udah sekitar 1 jam lebih dari Pos 3, tapi Pos 4 itu tak kunjung sampai. Aku tetep jalan sambil nunduk, soalnya disekeliling gelap gulita banget, aku cuman ngikutin langkah kaki temenku yang didepan, sambil berdoa, inget sama keluarga, inget sama temen, pacar, aaaaaaaaaaah pokoknya sedih dan mencekam abis deh. Ga lama kemudian bro. . . ada cahaya nan jauh disana, kaya bintang bersebaran, ternyata eh ternyata kita dah sampe pos 4, cahaya lampu dari tenda tenda pendakian udah keliatan, tapi kok dari kejauhan ya, soalnya jauh banget itu cahayanya :( berarti dari pos 4 kita musti jalan lagi sampe tempat tenda. hadeuh.

Pos 4 nyampe, dan di pos 4 itu penuh banget, banyak orang kehujanan, ada yang bikin api ungun, ada yang cuman berteduh. Kita berenti dulu disini, karena temen kita ada yang masih jauh disana, dan kita nungguinya pun lumayan lama, ternyata temen kita itu kakinya keseleo, aduh ada ada aja ya. Aku mulai kedinginan, menggigil rasanya.

Sesampainya temenku, suasana masih hujan, gelap, basah, kita harus terus bareng-bareng, soalnya jalanan mulai licin, banyak ranjau, dan turunan, dan sialnya aku, sepatu licinku itu bikin aku keperosot dijalanan, dah jatoh berkali kali T_T MyGOD. Ga lama sih, sekitar setengah jam kita udah sampe di pinggir danau rakum, keindahannya masih belum keliatan soalnya malem sih, masalah lain muncul lagi, itu ranu kumbolo penuh banget, kita hampir ga punya tempat buat mendirikan tenda.

Akhirnya temenku Ganjar, coba cari tempat yang kosong buat ngediriin tenda, udah jam 7, rasa lapar udah kalah sama rasa dingin, aku udah kedinginan banget banget banget. Tapi temenku ga lama langsung bikin tenda. Ga pikir panjang, setelah tenda jadi aku langsung masuk dan selimutan. hadueh enaknya. Ga mikirin ternyata diluar tenda, perlengkapan kita berantakannya minta ampun.

Selagi aku selimutan, tementemenku pada bikin mie rebus, teh manis hangat, enaknya. . . .  Abis itu ngerumpi dikir, dan tidur deh. Hari ke 2 ini emang bener-bener petualangan abis. Menanti hari esok yang lebih baik. Bhahahaha