Friday, August 2, 2013

Singapore Calling - Day 2

Nyambung dari cerita gw ngubek-ngubek Singapore di Singapore Calling - Day 1 hari ini adalah hari ke-2 gw ngubek Singapore bersama kekasih tercinta Faqihza Mukhlish. Ok, pagi ini dimulai dari bangun tidur, free breakfast dari hostel, ngobrol-ngobrol sama bule, eh banyak bule ganteng loh di hostel ini....

Hari ini, gw ga puasa. Hihihiihi. 
Pagi ini sekitar jam 8, gw sama pukis rencana menuju ke tempat oleh oleh dulu, Mustafa Center, katanya disini murah-murah, Mustafa Center itu lokasinya di Little India, jadi emang kebanyakan orang indianya disini. 

Dari hostel menuju Mustafa Center, gw ma pukis mau coba pake Bus nya Singapore, namanya SBS Transit. Sistemnya sama banget kaya MRT, di setiap halte bis ada map nomor bus mana aja dan rutenya kemana aja. Gampang banget kok, tanpa harus nanya sana sini, kita sebagai wisatawan dikasih fasilitas yang oke punya, banyak petunjuk yang gampang banget. Cuman, naik Bus di Singapore emang harus ekstra sabar nunggu nomor bus yang mau kita naikin, ditambah kita harus naik tepat di halte, ga boleh sembarangan dimana aja soalnya bus nya gakan berenti sembarangan, ga kaya dikite hahaha. Penampakan Bus nya kaya gini nih...



Bus nya bersih, ramah lingkungan, dan sistem pembayarannya pun sama kaya MRT, pake RFID, jadi kita cuman ngetap EZ link pas masuk dan pas turun dari bus. Sistem bakalan dengan otomatis menghitung dan mengkalkulasi ongkosnya, jadi ga perlu takut ga ada kembalian atau kekurangan kembalian. Supir cuman bertugas buat nyetir aja, ga ada kondektur kaya dikita yang keliling mintain duit wkwkwk. Smart banget ya, gw pernah merancang aplikasi semacam begitu loh gkgkgkgk. Skip

Di dalem bus juga orangnya pada teratur, ga ada pengamen, ga ada yang makan minum juga loh, soalnya ga boleh kakak, nanti kena denda. Setelah turun dari Bus, kita musti jalan kaki dulu loh sampe Mustafa Center. Di Singapore ini kita banyak jalan kakinya, biar sehat wkwkwk. Sepanjang jalan kaki pun, gw seneng aja bisa sambil nyetrit, meskipun tempatnya kaya masuk Alley gitu, gw ga pernah sedikitpun ngeliat sampah bertebaran, soalnya dari jarak 5  meter aja tuh tong sampah segede gaban ada dimana-mana.



Tadaaaa... sekitar jam 10an lah kita sampe di Mustafa Center. Tempatnya sih kaya pasar sualayan gitu deh, meskipun ga sebagus Matahari atau Ramayana, tapi disini kumplit segala macem ada. Di sini aku ga beli banyak oleh-oleh, cuman beli sepatu, beberapa coklat, cemilan, kue, makanan-makanan yang pastinya ga ada di Indonesia. Apa lagi ya... udah aja sih hahaaa.


Penampakan daleman Mustafa Center

Ga lama keliling-keliling di Mustafa, gw sama pukis balik lagi ke Hostel buat nyimpen belanjaan kita, baliknya juga pake bis yang sama. Sesampainya di Hostel, kita beli duren dulu loh, itu loh tukang jualan duren yang deket hostel kemaren. Gw beli sekitar 2 dolar, lumayan lah, tapi kita ga bawa duren itu ke hostel, takut diusir, jadi kita makan di sekitaran lorong deket hostel aja wkwkwkwk.

Setelah nyimpen barang-barang belanjaan tadi, tujuan maen kita selanjutnya adalah ke Bugis Street. Lupa lagi gw ngapain aja ya disini. Pokoknya jalan jalan deh. Gw sama pukis Naik MRT seperti biasa di stasiun Aljuined yang deket Hostel. Karena perut kita laper, sebelum jalan jalan di Aljuined, kita makan dulu di MCD, bingung sih mau makan apaan, takut ga halal dan sebagainya, udah gitu kita cuek bebek aja, di bulan puasa ga puasa hahaha. 



Makan di mcdonald disini rate nya sekitar 5 SGD, lumayan mahal kalo dibandingkan sama MCD di Indonesia. Gw salut sama pegawai MCD disini, mereka kebanyakan ibu ibu tua yang udah  kolot, tapi masih semangat kerja. Katanya sih, di Singapore itu, orang tua itu masih dikasih bisa kerja, makanya ga ada gelandangan dijalanan. Setelah makan kenyangpun, gw sama pukis langsung menuju Bugis Street. Gw ga banyak belanja sih disini, jalan jalan aja sambil poti poti. 


Di Bugis Street ini gw poto poto, bukan belanja sih, karena emang ga niat belanja, selain karena ga ada budget, gw paling males kalo belanja. Bugis Street ini jadi semacam tempat berkumpulnya pedagang kaki lima, tapi meskipun PKL, harganya tetep aja pada mahal. Mulai dari yang jualan aksesoris, tas, baju, sepatu, cemilan, minuman, dan barang-barang lainya yang biasa buat oleh oleh. 


Meskipun ini bisa dikatain sebagai pasar, tapi coba liat deh, ga ada sampah bertebaran di jalan, paling cuman dedauan aja, dan tong sampah segede gaban pun jaraknya cuman 5 meter, jadi ya wajar aja kalo semua orang pasti taat buang sampah pada tempatnya. Ayoook indonesia kapan donk kaya begini ???

Ga lama di Bugis Street, dan ga beli apapun juga sih. Gw sama pukis langsung cao menuju ke China Town, katanya sih sama tempatnya semacam pasar tempat oleh oleh gitu. Kita liat aja lah yaa, kapan lagi kesini bro ?

Menuju China Town ga susah kok, berkat pertolongan MRT pula, meskipun ongkos borosnya di MRT, tapi enak loh. Semua orang disini tuh jalan kaki, dari stasiun MRT ke tujuan masing-masing pasti jalan kaki, ga ada yang namanya ojek, becak atau delman. Ayok jalan kaki biar sehaaat.... 


Ada satu lagi nih, kebaiasaan bagus orang-orang Singapore, ketika kita naik eskalator, semua orang bediri di jalur sebelah kiri, jadi jalur kanannya itu buat orang yang buru buru dan mendahului, emang udah harusnya begitu kali ya. Coba di kita ? semua orang pada naik eskalator ga ada aturan, jadi kalopun ada yang buru-buru susah banget buat mendahului gkgkgkgk.

Kebiasaan bagus lainya adalah, disaat antri masuk ke MRT, orang-orang tuh gakan berebutan masuk ke MRT sebelum yang mau keluarnya keluar semua. Ngerti ga sih ? belepotan gini gw ngomongnya. 

Intinya adalah... mementingkan kepentingan bersama daripada egois. Coba kalo dikita ? #dikita lagi ... tiap mau masuk lift aja berburu buru masuk, padahal yang mau keluar belum pada keluar, jadinya mandet, macet dan sebagainya. huhuhhu.


Maap ya potonya dengdek....
Di China Town ini, banyak pernak pernik ala china gituu... 

Ciee cape niyeeeh??


Ga banyak yang aneh sih di China Town, mungkin ini tempat yang asik buat orang orang yang hobi belanja, tapi kalo buat gw sih.... biasa aja #hahaha

Setelah ngegeje di China Town, destinasi selanjutnya adalaaaaah..... Sentosa Island!!! Pukis mau ngajak aku nonton airmancur menari nari di Song of The Sea. Yeayyyy..... dari China Town, kita langsung tancap gas menuju Stasiun MRT Harbor Front. 


Di Harbor Front ini ada Mall gede, termasuk stasiun LRT khusus menuju masuk ke Sentosa Island, keretanya cuman 2 gerbong gitu deh. Dari harbor front ini gw sama pukis jalan jalan dulu keliling mall, abis itu baru deh kita beli tiket menuju sentosa island, lupa lagi berapa, google aja sono wkwkwk.



Ga lama, setelah jalan jalan di Harbor Front, kita menuju keeee.... Sentosa Island..... duh padahal ya sebelumnya tuh kita udah punya plan buat main di Universal Studio, tapi apalah dikata, ternyata tiket hostel kita di Spore cuman 2 hari aja, jadi waktunya ga cukup. Pending deh, next time aja yaaaa cyin.

Nah sekarang, saatnya kita popotoan di Sentosa Island, sumpeh deh ini pulau udah kaya pulau di pilem kartun apaaa gitu, semua dekorasinya, designnya, arsitekturnya, keren dan kreatif abis deh. 


Dari pemberhentian pertama kita turun dan jalan menuju ujung pulau, soalnya Song of The Sea emang adanya di pantai loh. 

SENTOSA ISLAND








Ga kerasa, ternyata jalan dari ujung ke ujung Sentosa Island itu cape jugaaaa... tapi ga papa sih, banyak tontonan wkwkwkk. Akhirnya sampe juga ke Pantainya, jangan terlalu berharap sama pantai disini, katanya sih pantainya juga buatan, kasian ya miskin wkwkwk. Pantainya ga beda jauh sama pantai Ancol lah, tapi disini bersih, ga kaya di ancol yang kotor dan bau comberan. 


Ya kira-kira seperti itulah pantainya, banyak anak kecil, ga ada  bikini sih, ga ada yang berjemur juga wkwkwk. Sambil nunggu jam 6 / 7an nih kita jalan-jalan dipantai, tadinya mau sewa sepedah, tapi karena kemahalan jadi ga jadi deh, wkwkwk maklumlah backpacker miskin hahahahahaaaa.

Akhirnya kita masuk ke Song of The Sea, tiketnya kalo  ga salah sih 12 SGD, lumayan mahal, tapi kapaan lagi ????.... 


Masih menunggu dimulai, karena harus langit udah gelap, jadi sambil nunggu kita sambil gosip deh. Ga lama kemudian, Song of The Sea dimulai juga..... romantisnya ya kita berdua wkwkwkwk. 


Pokoknya kalo di Grand Indonesia itu ada semacam Air Mancur yang joged joged ngikutin lagu, nah ini lebih buaaaaaagus lagi. Ga nyesel deh nonton Song of The Sea. Dipinggir pantai sentosa, sama kekasih tercinta, kapan lagi coba ???


Pokoknya kalo suatu saat kesni lagi, gw ga bakalan ngelewatin nonton Song Of The Sea, tapi sama pukis lagi ya, gamau sama yang lain wkwkwkwk. Thank you Pukis :*

Setelah nonton Song Of The Sea, jadwal hari ini pun beres dah, kita udah cape dan lemes banget, saatnya balik ke Hostel. Kalo udah gini sih emang males harus jalan lagi, tapi apa mau dikata, kita musti jalan kaki dulu berjauh jauh wkwkwk. Semangaaaat.


Bersambung ke cerita gw di Singapore Calling Day 3 ya, hari dimana gw musti ninggalin Singapore, Saatnya menuju Malaysiaaaaaaaa....

No comments:

Post a Comment